oleh

Berkunjung ke Desa Wisata Lembang Nonongan, Sandiaga Uno Diberi Gelar Tandi Pau’

KAREBA-TORAJA.COM, SOPAI — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno mengunjungi Lembang Nonongan, yang merupakan salah satu Desa dari 50 Desa Anugerah Wisata Kementerian Pariwisata, Senin, 22 November 2021.

Sandiaga Uno mengunjungi Tongkonan Pempangan, Kanuruan Lembang Nonongan untuk melihat berbagai kegiatan masyarakat, seperti ma’lambuk dan aktivitas kerajinan tangan.

Dari Tongkonan Pempangan, Sandiaga Uno bersepeda menuju Tongkonan Aron yang berjarak kurang lebih 1 km sambil menyaksikan aktivitas masyarakat menanam padi di sawah.

Di Tongkonan Aron, Sandiaga Uno diberi gelar Tandi Pau’ oleh pemangku adat yang ditandai dengan pemasangan passapu dan salempang.

“Hari ini kami menerima Bapak Menteri Sandiaga Uno sebagai bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat Tongkonan yang digelari  Anak Tongkonan dan diberi nama Tandi Pau’,” ucap pemangku adat setempat.

Baca Juga  Bibit Pohon Sakura Sudah Ditanam di Jalan Protokol Kota Rantepao

Tandi Pau’ berarti Kepala Pemerintahan zaman dahulu dalam wilayah pemerintahan adat Nonongan.

Sandiaga Uno menyambut baik gelar adat Toraja yang diberikan kepadanya.

“Terimakasih atas nama yang diberikan kepada saya, mudah-mudahan bisa memberikan kesejahteraan kepada masyarakat. Semoga Tongkonan Aron ini banyak kunjungan wisatawan dan membuka lapangan kerja, kurre sumanga’,” kata Sandiaga Uno.

Di Tongkonan Aron, Sandiaga Uno menyaksikan kolosal atraksi hidup keseharian masyarakat Toraja dalam bentuk atraksi budaya ma’gellu, ma’passan Lampa (mengambil air di sumur menggunakan bambu) dan ma’bulle Pare (mengangkut padi). Sandiaga Uno juga mencicipi ragam kuliner khas Toraja.

Sebelum meninggalkan Lembang Nonongan, Sandiaga Uno menandatangani prasasti untuk Lembang Nonongan sebagai salah satu dari 50 Desa terbaik pada Anugerah Desa Wisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Baca Juga  Bupati Instruksikan Puskesmas Rantepao dan Tondon Kembali Aktifkan Pelayanan kepada Masyarakat

Menteri Pariwisata juga menyerahkan bantuan akses Internet 1 tahun gratis untuk Lembang Nonongan dan bantuan antiseptic untuk penerapan protokol kesehatan Covid-19. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya