oleh

Tim Verifikasi Kalpataru Disambut Ratusan Spanduk Dukungan Terhadap Pdt Rasely Sinampe

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Ratusan spanduk dan baliho dukungan terhadap Pendeta Rasely Sinampe untuk mendapat penghargaan Kalpataru tahun 2022 berdiri berjejer di sepanjang jalan masuk ke kebun percontohan milik Yayasan Tallu Lolona di Batuleleng, Kecamatan Rantepao, Toraja Utara, Kamis, 12 Mei 2022.

Ratusan spanduk ini seolah menyambut Tim Verifikasi dan Validasi Kalpataru 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang datang melakukan verifikasi faktual terhadap aktivitas yang dilakukan oleh Pdt Rasely Sinampe, nominator terbaik Kalpataru 2022 Kategori Pembina Lingkungan.

Tim Verifikasi dan Validasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dipimpin Sitti Mariam, SE, MH didampingi Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Selatan, Baso Pangerang melakukan verifikasi dan validasi selama dua hari, 11-12 Mei 2022.

Baca Juga  Bupati: Kalau Mau Belajar Toleransi, Datanglah ke Toraja Utara

Spanduk dukungan ini datang dari tokoh-tokoh nasional, organisasi kemasyarakatan, organisasi lingkungan, juga organisasi keagamaan Kristen, Katolik, dan Islam.

BACA: Pendeta yang Selalu Bawa Bibit Tanaman dalam Pelayanan Dapat Penghargaan dari Bupati Toraja Utara

Setelah diterima secara resmi oleh Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang dan Ketua YMT Gereja Toraja, serta Pendeta Rasely Sinampe, Tim Verifikasi dan Validasi kemudian melakukan kunjungan lapangan ke empat lokasi yang menjadi sampel karya pembinaan lingkungan hidup yang dilakukan Pdt Rasely Sinampe.

Verifikasi dan validasi merupakan tahapan terakhir sebelum pengumuman pemenang penghargaan Kalpataru. Sebelumnya, Tim Kementerian juga sudah melakukan verifikasi secara virtual terhadap Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Selatan, sebagai pihak pengusul Pdt Rasely Sinampe untuk mendapatkan Kalpataru.

Baca Juga  Satu Unit Mobil Terbakar di SPBU Alang-Alang, Toraja Utara
Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang menyambut Tim Verifikasi dan Validasi Kalpataru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. (*)

Kalpataru merupakan penghargaan yang diberikan kepada mereka, baik individu maupun kelompok, yang dinilai berjasa dalam merintis, mengabdi, serta mengelola lingkungan hidup dan kehutanan.

BACA: Sudah Masuk 20 Nominator, Pdt Rasely Sinampe Asal Toraja Diharapkan Bisa Raih Penghargaan Kalpataru 2022

Ada empat kategori yang biasanya disediakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kepada perorangan atau kelompok untuk mendapat Kalpatru. Peraih Kalpataru diusulkan oleh masing-masing pemerintah kabupaten/provinsi.

Dalam pengumuman yang dikeluarkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada Rabu, 13 April 2022, nama Pendeta Rasely Sinampe masuk daftar nominasi Kalpataru kategori Pembina Lingkungan. Pada nominasi Pembina Lingkungan ini ada empat nama. Salah satu diantaranya akan mendapatkan Penghargaan Kalpataru 2022.

Baca Juga  Percepat Pencairan Gaji 13 ASN Toraja Utara dan Tana Toraja, KPPN Makale Buka Layanan Hari Sabtu dan Minggu
Tim Verifikasi dan Validasi Kalpataru Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melakukan verifikasi lapangan. (*)

Banyak pihak berharap Pdt Rasely Sinampe bisa menjadi penerima Penghargaan Kalpataru tahun ini. Karena tokoh agama ini sudah begitu lama berjuang untuk kelestarian lingkungan. Jika Pendeta Rasely Sinampe mendapat penghargaan ini, maka dia menjadi orang pertama dari Toraja yang menerima penghargaan tersebut. (*)

Penulis/Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya