oleh

Warga Denpina Adukan PT Nagata ke Anggota DPRD Sulsel, John Mangontan

KAREBA-TORAJA.COM, DENPINA — Anggota Fraksi Golkar DPRD Provinsi Sulsel, John Renden Mangontan melanjutkan Reses di Lembang Ma’dong, Kecamatan Dende’ Piongan Napo (Denpina), Kabupaten Toraja Utara, Senin, 10 Mei 2021.

Momentum reses ini dimanfaatkan warga setempat untuk mengadukan sebuah perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) yang beroperasi di wilayah mereka. Perusahaan tersebut adalah PT Nagata, yang saat ini tengah membangun PLTMH di Lembang Ma’dong, Kecamatan Denpina.

Kepada JRM, sapaan akrab John Rende Mangontan, satu per satu warga mengadukan PT Nagata yang dianggap telah mengabaikan keberadaan warga Denpina.

Adapun beberapa keluhan warga, seperti belum terakomodirnya tenaga kerja dari wilayah setempat, banyaknya armada yang dimiliki warga tapi tidak digunakan oleh perusahaan.

Baca Juga  Terkait Patok Batas Kawasan Hutan, Masyarakat Gandangbatu Mengadu ke Legislator Provinsi

Warga juga mengungkap kondisi jalan yang rusak akibat dilalui kendaraan perusahan bertonase berat serta dikesampingkannya hak ulayat adat oleh perusahan.

“Nah, inilah tujuan reses, menjaring aspirasi dan mengetahui apa yang menjadi keluhan masyarakat di sini,” kata JRM usai mendengar keluhan warga.

Reses Masa Sidang III Tahun 2020-2021 ini dihadiri ratusan warga terdiri dari tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda agama, aparat pemerintahan se-Kecamatan Denpina, serta perwakilan PT Nagata. Hadir pula pihak Dinas Perizinan Pemkab Toraja Utara, Pihak Pertambangan Pemprov Sulsel, serta instansi terkait.

Pada kesempatan itu, JRM meminta kepada pihak PT Nagata agar menindaklanjuti apa yang menjadi keluhan masyarakat. Dia menegaskan sudah menjadi kewajiban pihak PT Nagata untuk membawa dampak positif terhadap masyarakat di setempat.

Baca Juga  Warga Rantetayo Usulkan Bantuan Alsintan Saat Reses Anggota DPRD Sulsel, John Mangontan

“Kalau PT Nagata punya hati, tolong dengarkan masyarakat. Ini sudah menjadi kewajiban perusahaan,” tegas JRM, yang juga Ketua Bapera Sulsel itu.

Sementara itu, perwakilan PT Nagata yang hadir terlihat kebingungan menanggapi keluhan masyarakat. Ia mengatakan dirinya bukan pengambil kebijakan. “Saya disini mewakili perusahan menghadiri pertemuan ini. Saya akan menyampaikan keluhan masyakarat kepada direksi secepatnya,” ujar perwakilan tersebut.

Disamping soal PT Nagata, masyarakat juga menyampaikan keluhan terkait sarana pendidikan, kebutuhan jaringan internet, serta permintaan ambulance. Mereka berharap, JRM dapat memperjuangkan kebutuhan masyakarat setempat.

Reses di Denpina merupakan penutup rangkaian kunjungan kerja John Mangontan di daerah pemilihannya. Sebelumnya Anggota Komisi E itu juga melakukan reses di daerah terpencil, Kecamatan Mappak-Simbuang serta Bonggakaradeng. (*)

Baca Juga  John Mangontan Serahkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Pasar Baru Sangalla’ Usai Sosialisasi Perda

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya