oleh

Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Pilkada Toraja Utara Berjalan Lancar

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toraja Utara menggelar simulasi proses pemungutan dan penghitungan suara Pilkada Toraja Utara pada tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS), Sabtu, 21 November 2020.

Kegiatan yang digelar dengan penerapan protokol kesehatan dan dikawal aparat kepolisian ini dilaksanakan di Tongkonan Ambang, Lembang Limbong, Kecamatan Rantepao.

Kegiatan pengamanan jalannya proses simulasi pemungutan dan penghitungan suara tersebut dilakukan oleh Personil Polres Toraja Utara dan Personil Polsek Rantepao dipimpin Kapolsek Rantepao, Komisaris Polisi Marthen Buttu.

Dalam simulasi, semua yang hadir ikut mempraktekkan tata cara pencoblosan di masa pandemi dengan mengacu pada protokol kesehatan. Proses dilakukan dari awal pendaftaran, menunggu, masuk TPS, menandai tangan dengan tetesan tinta, sampai meninggalkan lokasi pemilihan.

Baca Juga  Tim RINDU Diisukan Bubar, Jhody: Itu Hoax, Ada yang Takut Kalah

Kapolres Toraja Utara, AKBP Yudha Wirajadi, melalui Kapolsek Rantepao, Kompol Marthen Buttu, mengatakan Pilkada saat ini berbeda dengan pilkada sebelumnya, karena dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19. Sehingga, baik petugas pemilu maupun masyarakat harus mengikuti standarisasi kesehatan dunia, agar tidak terjadi klaster baru.

“Agar tidak terjadi kesalahan ketika hari-H pencoblosan, 9 Desember 2020 mendatang, perlu adanya simulasi pada petugas TPS dan masyarakat, sehingga semua memahami dan proses pemilihan bisa berjalan baik nantinya,” terang Kompol Marthen Buttu.

Ia berharap, pada hari H, masyarakat tidak takut datang ke TPS. Dengan syarat, tetap menjaga dan taat pada protokol kesehatan. Di antaranya dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan atau memakai sarung tangan.

Baca Juga  Mayat Bayi Laki-laki Ditemukan Warga di Rindingbatu, Kesu’

Hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya Jan Hary Pakan (Komisioner KPU Divisi Teknis), Simon Sarira (Komisioner KPU Divisi Data), Bawaslu Kabupaten Toraja Utara dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Toraja Utara. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya