oleh

Positif Corona di Toraja Utara Terus Bertambah, Total Jadi 53 Kasus

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Meski masih diklaim zona hijau, namun kasus positif virus Corona di Toraja Utara terus bertambah dari hari ke hari. Hingga 26 November 2020, jumlah total warga yang dinyatakan positif terpapar virus Corana sebanyak 53 orang.

Jumlah ini bertambah setelah pada Kamis, 26 November 2020, Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Toraja Utara kembali mengumumkan lima warga terkonfirmasi positif Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Toraja Utara, Anugerah Yaya Rundupadang, menjelaskan bahwa kelima warga ini sudah tercatat sebagai pasien konfirmasi berdasarkan hasil uji sampel swab PCR Balai Besar Laboratorium Kesehatan Dinkes Provinsi Sulsel, di Makassar dan Uji Swab TCM di RS Lakipadada.

Baca Juga  BREAKING NEWS: Ketua DPRD Tana Toraja Positif Covid-19

Anugerah merinci, kelima pasien baru tersebut, sebagai berikut: Pasien 49: jenis kelamin perempuan, umur 58 tahun, tinggal di Sa’dan Malimbong, dengan riwayat perjalanan dari luar daerah. Berikut, Pasien 50, seorang laki-laki berumur 43 tahun, domisili di Bolu, Kecamatan Tallunglipu .

Pasien 51, adalah perempuan berusia 63 tahun, warga Sa’dan Malimbong, Kecamatan Sa’dan. Berikut, pasien 52, jenis kelamin perempuan, umur 34 tahun, tinggal di Kelurahan Rantepao, Kecamatan Rantepao. Pasien 53 adalah perempuan, usia 25 tahun, domisili Lembang Balusu Bangunlipu, Kecamatan Balusu.

“Saat ini kelima pasien konfirmasi sedang menjalani masa isolasi di ruang perawatan dan juga  isolasi mandiri,” terang Anugerah.

Dikatakan, penelusuran dan pelacakan juga  saat ini sedang dilakukan oleh Dinas Kesehatan dan GTPP Covid-19 Pemkab Toraja Utara dengan tetap memantau perkembangan kondisi pasien sesuai dengan protap penanganan Covid-19.

Baca Juga  Bertambah 27, Kasus Positif Corona di Toraja Utara Capai 219 Orang, 11 Meninggal Dunia

Anugerah menyebut, dengan adanya penambahan lima kasus baru per tanggal 21 November 2020 ini, jumlah warga yang terkonfirmasi positif di Toraja Utara kini berjumlah 53 orang. Dari jumlah ini, dua orang diantaranya sedang dirawat, 40 orang dinyatakan sembuh, dan 4 orang lainnya meninggal dunia.

Pemerintah Kabupaten Toraja Utara menghimbau kepada seluruh masyarakat agar semakin waspada, tidak keluar rumah kalau tidak ada kepentingan mendesak, taat  mematuhi Protokol Kesehatan pencegahan penularan Covid-19 dengan konsisten menerapkan 3 M : Rajin Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir. Menggunakan masker tiga lapis dengan benar setiap waktu , senantiasa menjaga jarak minimal satu setengah meter.

“Juga tidak berkerumun, khususnya di upacara adat dan  bagi pelintas dari luar daerah  untuk karantina mandiri. Meningkatkan imun tubuh dengan menjaga pola makan bergizi  seimbang, berolahraga dan istirahat yang cukup.Bagi pelaku usaha taat dan  patuh menerapkan protokol  kesehatan  3 M dan menutup usahanya pada pukul  22.00 wita,”pinta Anugerah.

Baca Juga  Ada ASN Positif Covid-19, Pemkab Toraja Utara Tunda Beberapa Kegiatan yang Melibatkan Banyak Orang

Sedangkan bagi sekolah yang terkait dengan adanya pasien konfirmasi, pembelajaran akan dialihkan kembali secara daring (offclass). “Bersama kita bangkit dan produktif dengan menerapkan Protokol Kesehatan untuk menangkal penyebaran Covid-19,” ujar Anugerah. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya