oleh

KNPI Toraja Utara Luncurkan Buku “Banne Toraya”, Pjs. Bupati: Semoga Jadi Inspirasi

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Toraja Utara meluncurkan buku berjudul Banne Toraya, Rabu, 18 November 2020. Buku yang ditulis oleh Belo Tarran dan Risnawati, dengan editir Piter Randan Bua ini diluncurkan di gedung perkantoran Marante, Toraja Utara.

Penjabat sementara (Pjs) Bupati Toraja Utara, Amson Padolo, menyambut baik peluncuran buku, yang menurutnya sangat inspiratif tersebut.

“Buku yang luar biasa, karena saat dibaca kita merasa ada nilai ketulusan, kesetiaan, pengorbanan, dan nilai positif yang dilakukan oleh tokoh -tokoh Toraja,” ungkap Amson.

Dia menyebut, kita sering membaca literasi tokoh lain, padahal ada tokoh di kalangan kita, sehingga kita kehilangan jati diri.

Baca Juga  KNPI Toraja Utara Gelar Turnamen Sepak Bola, Hadiah Utamanya 1 Ekor Kerbau

“Tokoh yang memiliki inspirasi yang berharga bagi masyarakat .Orang Toraja memiliki tokoh yang Kinaa ( ramah, baik, berani, dan pintar) dan itulah yang termuat dalam buku ini. 50 tokoh ini dikenal di Toraja, Indonesia bahkan juga dunia,” kata Amson.

Dia berharap, buku Banne Toraya ini bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda, bagaimana mengetahui tokoh- tokohToraja dan mengabadikan nama mereka  seperti pada nama jalan dan ruangan atau bangunan.

Kepala Dinas kominfo –SP Toraja Utara,  Yakub Pongsendana, juga menyambut gembira penerbitan buku ini. Yakub bahkan berjanji akan mendukung dalam penambahan jumlah buku tersebut.

Dukungan juga datang dari Dinas Pendidikan serta  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Toraja Utara.

Baca Juga  Peringati Hari Pahlawan, Amson: Perjuangan Pahlawan di Masa Lalu Harus Jadi Motivasi Bagi Kita

Sementara itu, penulis buku Banne Toraya, yang juga Ketua KNPI Toraja Utara, Belo Tarran, mengatakan buku ini memuat 50 tokoh inspirator bagi generasi muda Toraja.

“Latar belakang penerbitan buku ini adalah bahwa pasca reformasi, generasi muda  Toraja sudah kehilangan tokoh-tokoh yang dibanggakan. Lalu kami  menerbitkan buku ini  dengan melihat dan menonjolkan nilai inspirasinya pada generasi muda,” terang Belo.

Belo mengatakan, penyusunan buku ini sudah dilakukan sejak 5 tahun lalu dan penerbitan awal sudah tercetak 500 exemplar, terdiri dari 488 halaman, atas kerjasama  KNPI, Dinas Pendidikan, Dispora dan Donatur lainnya.

“Buku tersebut akan di drop ke sekolah-sekolah, mulai dari tingkat SD-SMP dan SMA di Toraja dan Mamasa, agar dapat di baca oleh generasi muda di  perpustakaan sekolah,” kata Belo. (*)

Baca Juga  Pjs. Bupati Toraja Utara Harap Mahasiswa PPL UNM Bisa Jadi Influencer Pariwisata

Penulis: Juliana
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya