oleh

Jelang Hari H Pilkada, Kapolres dan Pjs Bupati Tana Toraja Temui Tokoh Agama

KAREBATORAJA.COM, MAKALE — Menjelang hari H pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Tana Toraja, 9 Desember 2020, Kapolres dan Penjabat sementara (Pjs) Bupati terus melakukan berbagai upaya dan pendekatan ke berbagai pihak untuk mewujudkan Pilkada yang damai, sehat, dan sejuk.

Pada Senin, 9 November 2020, Kapolres bersama Pjs. Bupati Tana Toraja, menyempatkan waktu untuk mengunjungi Ketua MUI Tana Toraja, KH. Zainal Muttaqien di mesjid Nurul Falah, Ge’tengan, Kabupaten Tana Toraja.

Zainal Muttaqien bersama sejumlah pengurus mesjid Nurul Falah, menyambut kedatangan dua pejabat Forkopimda Tana Toraja ini.

Kapolres Tana Toraja, AKBP Sarly Sollu di hadapan Ketua MUI, mengajak kepada segenap warga, khususnya Pengurus Cabang MUI untuk bersama sama menjaga Pilkada Tana Toraja dari segala bentuk politisasi agama maupun  tempat ibadah untuk kepentingan kampanye paslon.

“Kemurnian agama dan tempat ibadah harus kita jaga dari segala bentuk politisasi, kami sangat mengharapkan bantuan dan kerjasama dari lembaga MUI Tana Toraja, karena susksenya pilkada yang aman dan damai tidak terlepas dari peran semua pihak, begitu juga dengan peran dan partisipasi dari MUI Tana Toraja yang kami yakini sangat membantu dalam mewujudkan Pilkada yang aman damai sebagaimana yang diharapkan oleh masyarakat,” terang Sarly Sollu.

Baca Juga  Mau Gugat Hasil Pikada Tana Toraja dan Toraja Utara ke MK, Ini Syaratnya

Senada dengan Sarly Sollu, Pjs. Bupati Tana Toraja H. Asri Sahrun Said, mengungkapkan harapan partisipasi aktif dari MUI Tana Toraja untuk menghimbau masyarakat menjaga Pilkada Tana Toraja dari segala bentuk perpecahan umat.

Berkaitan dengan hal ini, Ketua MUI Tana Toraja KH. Zainal Muttaqien mengatakan, dukungan dari MUI Tana Toraja telah sedari awal di komitmen, dan sampai saat ini masih konsisten mendukung Polres Tana Toraja mewujudkan Pilkada Tana Toraja 2020 yang aman, sejuk dan damai.

Kemudian, pada Selasa, 10 November 2020, Kapolres Tana Toraja AKBP Sarly Sollu menemui Tanfidziyah Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Tana Toraja, H. Ahmad Toago bersama sejumlah tokoh NU Tana Toraja di Sekretariat Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Tana Toraja, Jalan Merdeka No. 46 Makale.

Baca Juga  Cegah Klaster Pilkada, Desk Pilkada Tana Toraja Pantau Kesiapan Pemungutan Suara

Turut hadir menerima kunjungan Kapolres Tana Toraja, Ketua Barisan Ansor Serbaguna NU Tana Toraja atau yang disingkat Banser NU Tator, yang diketuai oleh Sidik Toago.

Pada sambutan penerimaannya, Ketua Tanfidziyah NU Tator, H. Ahmad Toago mengucapkan terima kasih atas kunjungan Kapolres Tana Toraja.

“Ini merupakan pertama kalinya Kapolres Tana Toraja mengunjungi PCNU  untuk bersilaturahmi. Kami berterima kasih dan mengharapkan arahan dari beliau terkait hal hal apa yang perlu di lakukan khususnya di masa Pilkada Tana Toraja 2020 yang saat ini sedang berlangsung,” ujar H. Ahmad Toago.

Kapolres Tana Toraja, AKBP Sarly Sollu bersilaturahmi dengan pengurus NU Kabupaten Tana Toraja.

Turut hadir bersama Kapolres, jajaran PJU Polres Tana Toraja, Kabag Ops Kompol Pither Marimbun, Kasat Intelkam AKP. Slamet Paryanto dan Kasat Lantas Iptu H. Muh. Nawir.

Baca Juga  “Tungsura” KPU, Data Masuk 61,06%, Theo-Zadrak Masih Unggul

Di hadapan Ketua Tanfidziyah beserta pengurus cabang NU Tana Toraja, AKBP Sarly Sollu menjelaskan terlebih dahulu komitmen dari Polres Tana Toraja memegang teguh netralitas di Pilkada Tana Toraja.

Dia juga menegaskan komitmen Polres Tana Toraja untuk mewujudkan harapan masyarakat pada pelaksanaan Pilkada yang aman, damai, dan sejuk. “Kami mengajak kepada semua pihak untuk bersama sama mewujudkan Pilkada damai, dengan cara menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani tanpa dipengaruhi oleh politik uang atau pemberian materi atau janji-janji, jangan mudah percaya dengan berita bohong dan jangan menyebarkan serta hindari ujaran kebencian, sehingga pilkada dapat berjalan dengan aman dan sehat serta Toraja kembali bermartabat,” ujar Sarly Sollu. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya