oleh

Group FB Toraya Sikamali’ Galang Donasi Pembangunan 2 Gereja, Mari Kita Bantu!

KAREBATORAJA.COM, RANTEPAO — Admin dan members group Facebook Toraya Sikamali’ saat ini tengah menggalang donasi untuk membantu pembangunan dua gereja di daerah terpencil Luwu Utara.

Kedua gereja yang kondisinya masih sangat memprihatinkan ini, masing-masing Gereja Toraja Jemaat Durian Bela’ dan Jemaat Limbong Langsa di Malangke Barat, Kabupaten Luwu Utara.

Berdasarkan pantauan langsung admin group Toraya Sikamali’, Rivieson Gadi di lapangan, kondisi kedua gedung gereja ini sangat memprihatinkan. Bangunannya terbuat dari kayu, atap seng, dan berlantai tanah. Jika hujan, lantai di dalam gereja berlumpur. Beberapa lembar papan di dinding gereja juga mulai lapuk dimakan usia.

Gereja Jemaat Durian Bela’ memiliki 21 kepala keluarga anggota jemaat. Sedangkan Jemaat Limbong Langsa memiliki 36 kepala keluarga anggota jemaat. Anggota jemaat di kedua gereja tersebut mayoritas merupakan perantau asal Toraja. Kedua gereja ini masuk dalam wilayah Klasis Malangke.

Baca Juga  Crisis Centre Gereja Toraja Bantu Korban Angin Kencang di Buntu Pepasan

Kedua gedung gereja ini konon belum pernah mendapat bantuan dari pihak ketiga.

Rivieson menyebut, kedua gedung gereja ini sangat layak untuk dibantu. Untuk itu dia meminta kesediaan kepada siapa saja yang ingin menyalurkan donasi dan membantu pembangunan kedua gedung gereja ini.

Kondisi medan di sekitar kedua gedung gereja ini cukup berat. Terkadang, pendeta atau proponen dari Klasis yang hendak melayani di gereja ini harus naik perahu jika sedang hujan. Anggota jemaat juga kadang tidak bisa beribadah dengan tenang kala musim hujan karena ada genangan air di lantai gereja.

Rivieson menyebut, berdasarkan pengamatannya dan hasil diskusi dengan tokoh-tokoh gereja setempat, mereka sangat membutuhkan bantuan untuk pondasi agar letak gedung gereja bisa lebih tinggi dari daerah sekitar. Kemudian perbaikan dinding dan atap gereja.

Baca Juga  Gedung Pusat Pelayanan Gereja Toraja Tangmentoe Disiapkan Jadi Tempat Isolasi Mandiri OTG
Kondisi lantai dalam gedung gereja.

“Saat ini, donasi yang terkumpul baru mencapai Rp 5.400.000. Donasi ini kita buka tanpa batas waktu. Bagi siapa saja yang mau membantu, bisa melalui admin group Toraya Sikamali’, bisa juga langsung berhubungan dengan proponen yang melayani di gereja tersebut,” terang Rivieson.

Bagi donatur atau masyarakat yang hendak membantu, bisa disalurkan melalui nomor rekening Toraya Sikamali’: Bank BRI 0343-01-007179-53-7 atas nama Yeri Pagappong. Atau silahkan menghubungi kontak person Rivieson Gadi HP/WA 082347586345 atau Proponem Serlina Tiku HP 082157777827.

Toraya Sikamali’ adalah group Facebook dengan jumlah members 154 ribu orang. Group ini menghimpun masyarakat Toraja, baik yang ada di Toraja maupun di luar. Kegiatan sosial yang dilakukan oleh Group Toraya Sikamali’ bukan baru kali ini saja. Sudah banyak kali mereka melakukan kegiatan sosial, baik membantu sarana sosial, bencana alam, maupun membantu masyarakat yang sangat membutuhkan. (*)

Baca Juga  Bantuan Kloter Pertama dari Crisis Centre BPS Gereja Toraja Sudah Diangkut ke Mamuju

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya