oleh

FOTO: Pesona Air Terjun Pong Toding dan Tipali di Uluway, Tana Toraja

KAREBA-TORAJA.COM, MENGKENDEK — Berada di atas ketinggian antara 300-2500 meter di atas permukaan laut, dengan topografi berbukit dan gunung membuat Kabupaten Tana Toraja memilki banyak sekali air terjun. Mulai dari yang tingginya 30 meter hingga lebih dari 50 meter.

Air terjun, yang dalam bahasa daerah disebut “sarambu” itu tersebar di berbagai tempat; ada di Bittuang, Masanda, Kurra, hingga ke Uluway, Kecamatan Mengkendek, yang berbatasan dengan kabupaten tetangga, Enrekang.

Di Uluway, ada air terjun dengan tinggi kurang lebih 50 meter, yang dikenal masyarakat setempat dengan nama Sarambu Pong Toding.

Air terjun Pong Toding ini berada di Lembang Uluway, Kecamatan Mengkendek, sekitar satu setengah jam perjalanan dari Makale, Ibukota Kabupaten Tana Toraja menggunakan sepeda motor.

Selain airnya yang jernih nan dingin, pemandangan alam di sekitar lokasi juga sangat memanjakan mata. Ada hamparan persawahan milik warga dengan latar Gunung Sinaji di kejauhan. Juga relief pegunungan yang sangat memanjakan mata kala senja.

Gambar kiri: pemandangan alam di sekitar Sarambu Pong Toding. Gambar kanan: salah satu kolam alam di Sarambu Pong Toding. (dok. Martinus Ino)

Martinus Ino, warga setempat, menyebut selain air terjun utama Pong Toding, masih ada beberapa air terjun lain di sepanjang sungai itu. Juga ada beberapa kolam alam yang bisa digunakan pengunjung untuk mandi. “Beberapa air terjun lain, lebih pendek dari Pong Toding,” kata Ino, Rabu, 18 November 2020.

Salah satu pemandu wisata tracking dan alam bebas ini mengatakan sampai saat ini belum ada jalan raya yang sampai di objek air terjun Pong Toding. Jalan beton yang dibangun pemerintah baru sampai di sekitar satu kilometer dari air terjun.

“Selanjutnya ada jalur tracking melalui pinggiran sawah dan irigasi yang sementara dibangun. Sekitar setengah jam jalan kaki,” terang Ino.

Ino menyebut, sekitar 8 jam perjalanan dari air terjun Pong Toding, ada air terjun lain yang tak kalah menarik dan menantang. Disebut menantang karena untuk sampai di lokasi air terjun yang diberi nama Tipali ini harus menempuh perjalanan yang panjang, terjal, dan berliku.

Gambar kiri: air terjun lain di sekitar Sarambu Pong Toding. Gambar kanan: Sarambu Tipali difoto dari kejauhan. (dok. Martinus Ino)

Namun, bagi para wisatawan pencinta alam, hal itu mungkin bukanlah halangan. Apalagi, untuk sampai di air terjun Tipali, yang terletak di lereng Gunung Rantekambola ini, pengunjung juga melewati perkampungan tua Lapandek.

“Di perkampungan tua Lapandek ini masih bisa di temukan kuburan bayi di pohon (passiliran) dan cerita tentang Pong Bulupala’,” ujar Ino. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya