oleh

FOTO: Jalan Poros Tedong Bonga – Ke’te Kesu’ Mulai Diaspal

KAREBATORAJA.COM, KESU’ — Menjelang akhir tahun, dimana menjadi waktu puncak kunjungan wisatawan ke Toraja, pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mempercepat pembangunan jalan poros Tedong Bonga – Ke’te Kesu’ di Kecamatan Kesu’, Kabupaten Toraja Utara.

Pantauan kareba-toraja.com, Senin, 9 November 2020, proses pengaspalan jalan sepanjang 3,5 kilometer tersebut sudah dimulai. Beberapa alat berat milik rekanan sudah melakukan pengerjaan pengaspalan, mulai dari depan objek wisata Ke’te Kesu’.

Warga setempat berharap, sebelum bulan Desember 2020, pengaspalan jalan ini sudah selesai dan bisa digunakan. Sehingga kemacetan lalu lintas, yang menjadi pemandangan rutin setiap tahun di Ke’te Kesu’, tidak terjadi lagi.

Jalan yang sementara diaspal tersebut dibangun pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sejak tahun 2019 yang lalu. Dimulai dengan pelebaran, pembangunan pengaman jalan, hingga pengaspalan tahun 2020.

Baca Juga  Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Berkunjung ke Toraja, Termasuk ke Burake

Sebelumnya, pada 7 Maret 2020 yang lalu, saat meninjau pembangunan jalan poros Tedong Bonga – Ke’te Kesu’, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah menyatakan bahwa jalan poros ini akan dibangun selebar 14 meter dengan dua jalur, dengan bahu jalan 2 meter.

Jalan dari Tedong Bonga ke Ke’te Kesu’ ini merupakan bagian dari 41 kilometer poros Rantepao – Luwu via Bastem yang saat ini tengah dibangun oleh pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Tahun 2020, pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 140 miliar yang bersumber dari APBN dan APBD Provinsi Sulawesi Selatan untuk membangun jalan penghubung antara Kabupaten Toraja Utara dengan Kabupaten Luwu tersebut. (*)

Baca Juga  Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Berkunjung ke Toraja, Termasuk ke Burake

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya