Dikunjungi Utusan Kapolres, Ibu yang Melahirkan di Jalan karena Terhalang Longsor Sudah Bisa Tersenyum

KAREBA-TORAJA.COM, SIMBUANG — Kapolres Tana Toraja, AKBP Malpa Malacoppo memperlihatkan kepeduliannya terhadap penderitaan dan duka yang dialami oleh keluarga Ambe’ Almi, warga Simbuang, yang beberapa waktu lalu mengalami musibah.

Kapolres mengutus Kasat Reskrim, Iptu Slamet Rahardjo dan Kapolsek Simbuang, Iptu Constantinus bersama personil Polres Tana Toraja untuk mengunjungi Indo’ Almi yang masih dirawat di Puskesmas Lekke’ Simbuang.

Selain mengunjungi dan menyerahkan bantuan tali asih, Kapolres Tana Toraja juga memerintahkan anggotanya untuk melihat langsung situasi dan kondisi tanah longsor di jalan poros Simbuang, sehingga bisa mengambil langkah-langkah penanganan bekerja sama dengan pemerintah.

Saat dikunjungi oleh utusan Kapolres Tana Toraja, kondisi Maru’ atau Indo’ Almi sudah mulai stabil. Dia sudah bisa berbicara dengan Kapolsek Simbuang dan Kasat Reskrim. Juga sudah bisa tersenyum.

Baca Juga  Kepmendikbud 16/2021: Besarnya Dana BOS Siswa SMKN Rp 1.790.000 per Tahun

Padahal, beberapa hari sebelumnya, tepatnya pada Sabtu, 11 Mei 2024, Indo’ Almi yang merupakan warga Dusun Kanan, Lembang Puangbembe Mesakada, Kecamatan Simbuang ini baru saja kehilangan bayinya. Indo’ Almi terpaksa melahirkan bayinya di pinggir jalan saat hendak dirujuk ke Makale, Tana Toraja. Namun karena kondisi jalan terhalang longsor dan tak bisa dilalui kendaraan sehingga Indo’ Almi bersalin di pinggir jalan dibantu oleh beberapa tenaga medis. Sayangnya, bayi yang dilahirkannya tidak selamat.

Usai persalinan, Indo’ Almi tidak meneruskan perjalanan ke Makale. Keluarga memilih kembali ke Puskesmas Simbuang untuk perawatan dan pemulihan kondisi.

“Pertama-tama, Polres Tana Toraja berduka cita yang mendalam atas kejadian yang menimpa ibu hamil warga kita di Simbuang. Kita ketahui bersama bahwa proses persalinannya mengalami kendala sehingga lahir di perjalanan. Kemudian untuk itu sebagai bentuk rasa yang mendalam, pada hari ini Polda Sulsel melalui Polres Tana Toraja akan memberikan bantuan kemanusiaan pada ibu hamil tersebut berupa sembako dan lain-lain,” ungkap Kapolres.

Baca Juga  Satu Unit Mobil Terbakar di SPBU Alang-Alang, Toraja Utara

Ditambahkan Kapolres bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah melalui instansi terkait dengan langkah-langkah pencegahan supaya kejadian serupa tidak  terulang lagi.

“Kami akan mengecek kondisi korban sekaligus  mengececek kondisi jalan sehingga kita bisa berkoordinasi dengan institusi terkait supaya kejadian serupa tidak terulang lagi,” pungkas Kapolres. (*)

Penulis: Indra
Editor: Arthur

Komentar