oleh

Brimob dan Personil Polres Toraja Utara Gagalkan Rencana “Silaga Tedong” di Pangli

KAREBA-TORAJA.COM, SESEAN — Puluhan personil gabungan Brigade Mobile (Brimob) Batalyon B Pelopor Pare-Pare dan Polres Toraja Utara menggalkan gelaran adu kerbau (silaga tedong) di Lapangan Sepakbola Pangli, Kecamatan Sesean, Toraja Utara, Sabtu, 21 November 2020.

Informasi yang beredar, usai upacara Ma’pasa’ Tedong (rangkaian ritual adat Rambu Solo’), sejumlah kerbau petarung yang sudah ada di lokasi akan diadu dan disaksikan masyarakat. Namun, gelaran itu batal, karena polisi tidak mengizinkannya. Padahal, sudah banyak kerbau petarung yang sudah ada di lokasi. Bahkan sudah banyak tenda-tenda yang digunakan sebagai kandang kerbau, berdiri di sekitar lokasi.

Rencana gelaran tedong silaga itu akan dilaksanakan setelah upacara Ma’pasa’ Tedong. Namun polisi hanya mengizinkan upacara Ma’pasa’ Tedong, tapi tidak untuk silaga tedong (adu kerbau).

Baca Juga  Penyandang Disabilitas Terima Vaksin Covid-19 di Gerai Presisi Polres Toraja Utara

Bahkan, dalam himbauan yang disampaikan polisi, disampaikan bahwa tidak diizinkan dilakukan adu kerbau. Kepada masyarakat yang hadir dan pemilik kerbau petarung agar segera meninggalkan lokasi, beserta kerbaunya. Polisi juga menghimbau kepada pemilik kerbau petarung untuk membongkar tenda-tenda (kandang kerbau) yang ada di sekitar lokasi.

“Jika masih ada pemilik kerbau yang masih nekat melakukan kegiatan adu kerbau, maka pihak Kepolisian Resort Toraja Utara akan mengambil tindakan tegas,” ujar Kapolsek Sesean, AKP Simon.

Polisi beralasan, bahwa tindakan pencegahan terhadap kegiatan adu kerbau ini merupakan tindak lanjut dari perintah Kapolri, yang menekankan bahwa terkait dengan makin bertambahnya jumlah korban virus Corona (Covid-19) maka dilarang keras untuk berkerumun dalam jumlah besar.

Baca Juga  Rambu Solo’ dan Rambu Tuka’ di Toraja Utara Baru Dihentikan Mulai Tanggal 23 Juli 2021

Dalam operasi antisipasi adu kerbau itu, polisi menurunkan kekuatan cukup besar, yakni pasukan gabungan Polsek Rantepao, Polsek Sesean, dan Polsek Sa’dan serta BKO Brimob.

Hadir pula Kabagsumda Polres Toraja Utara, didampingi oleh Kasat Reskrim, Danki Brimob, Kasat Binmas, Kapolsek Sesean, Kapolsek Sa’dan, KBO Sat. Lantas, KBO Sat. Narkoba, dan KBO Sat. Intelkam. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya